PSSLEMAN.ID, BOGOR –Elite Pro Academy (EPA) Mini Tournament 2021 di Sawangan telah berakhir hari ini, Jumat, 9 April 2021. Berhasil sapu bersih kemenangan pada hari pertama, PSS muda kembali tampil apik pada hari kedua. Berhasil memperoleh satu kemenangan dan kalah pada pertandingan terakhir, PSS U-18 berhak meraih posisi runner-up.

Pada grup Championship, Super Elja U-18 harus bertemu dengan Persija II dan Persija III. Menghadapi Persija II pada pertandingan pertama, anak asuh Anang Hadi berhasil menyudahi perlawanan Persija muda dengan skor 2 – 1. Dua gol PSS dicetak oleh Romadona dan Sodiq Tri.

Pada pertandingan yang berlangsung di bawah terik matahari ini, PSS U-18 berhasil tampil dominan dengan dan tanpa bola. Pressing tinggi yang diterapkan sejak menit pertama mampu menyusahkan Persija mengembangkan permainan. Dengan bola, Super Elja muda mampu mengalirkan bola dengan nyaman sebelum mencari celah untuk menusuk pertahanan lawan.

PSS U-18 baru berhasil mencetak gol pada menit 26 melalui sepakan Romadona. Gol cantik ini berawal dari skema pressing tinggi yang diterapkan oleh PSS U-18. Farhan berhasil memotong umpan stopper lawan, yang selanjutnya melepaskan crossing mendatar ke tiang jauh menuju Romadona yang berdiri bebas.

Persija II U-18 sempat menyamakan kedudukan melalui titik putih pada menit 33 setelah bola mengenai tangan Tegar Andrie ketika melakukan duel udara. Keadaan seri ini tidak berlangsung lama. Empat menit berselang, PSS U-18 mampu kembali unggul melalui gol yang dicetak oleh Sodiq Tri. Sayap mungil ini berhasil muncul di ruang belakang bek lawan untuk menerima umpan dari Wahyu Utomo dan memperdaya kiper lawan.

Selesai pertandingan pertama, PSS U-18 langsung memulai pertandingan selanjutnya melawan Persija III U-18. Pada pertandingan ini, Laskar Sembada muda harus kebobolan pada menit 8 melalui skema situasi set pieces. PSS U-18 langsung merespons dengan meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Serangan demi serangan yang dilancarkan beberapa kali berhasil dikonversi menjadi peluang. Namun masih gagal membuahkan gol. Pada akhir babak pertama, PSS U-18 mendapat peluang emas melalui tendangan penalti. Akan tetapi, eksekusi Lintang masih melebar tipis.

Pada babak kedua, PSS U-18 masih tampil dominan. Beberapa kali peluang yang didapat Wahyu,Farhan, hingga Luki masih gagal menembus gawang Perija III U-18. Hingga peluit akhir, PSS U-18 gagal untuk menyamakan kedudukan.

Hasil ini menempatkan PSS U-18 pada posisi kedua di grup Championship. Bisa bertemu dengan tim-tim selevel pada mini turnamen ini, PSS U-18 mampu mengukur perkembangan permainan, dari segi individual dan tim. Catatan evaluasi mengenai hal yang sudah baik yang perlu ditingkatkan dan hal buruk yang perlu diperbaiki akan menjadi motivasi untuk perkembangan para pemain.

(pssleman.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *