SLEMAN, PSS-SLEMAN.CO.ID – Penampilan impresif Il Capitano Busari membawa PSS Sleman meraih kemenangan 4-1 kala menjamu PSBI Blitar di babak penyisihan Grup 5 gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC- B) 2016, Sabtu (23/07/2016) sore di Stadion Maguwoharjo. Pemain bernomor punggung 17 ini juga mencatatkan dirinya sebagai top skorer (5 gol) sementara di PSS Sleman berkathattrick yang diciptakannya pada laga tersebut. 

Kejelian coach Seto Nurdiyantoro melakukan perpindahan posisi menjadi andil penampilan impresif pemain yang memulai karir sepakbolanya di BSA Godean dengan menempatkannya di belakang posisi aslinya sebagai deep play maker bersama Dirga Lasut. Mengutip data dari @sepakbolasleman di babak pertama Busari menunjukkan penampilan impresifnya, yakni mencetak 1 gol, 3 tembakan di gawang, 1 tembakan tepat sasaran, total umpan sukses 21/25, dan 1 umpan kunci.

Berganti posisi dengan Dave Mustaine, Busari mampu memanfaatkan pergerakan liar pemain kelahiran Sidoarjo tersebut. Pada laga tersebut pemain bernomor punggung 92 ini banyak membuka serangan dari berbagai posisi dengan membagi bola ke segala sudut lapangan. Gol pertama Busari berkat build up serangan Dave Mustaine dari lini tengah mengirim bola kepada Dicky Prayoga kemudian dijadikannya assist berbuah gol. Penempati posisi barunya Busari tidak kehilangan insting mencetak gol, pemain kelahiran Kendal tersebut mampu menempatkan dirinya dalam posisi menguntungkan ketika terjadi kemelut di depan gawang Rizki Chandra. Gol kedua dan ketiga menjadi bukti sahih seorang Busari memiliki kemampuan positioning tersebut. 

Performa ciamik Busari pada laga kontra PSBI Blitar tersebut menjadi bukti kemampuan coach Seto memaksimalkan SDM di lini tengahnya. Kejelian dan keberaniannya melakukan eksperimen berbuah manis, Seto sukses membagi peran Busari dengan Dave Mustaine yang memiliki tipe dan gaya bermain yang sama. Busari diplot bermain sebagai metronom menjaga ritme permainan sedangkan Dave Mustaine diberikan kebebasan mengeksplorasi permainan dan membagi bola. (mf/pss-sleman.co.id)

September 30, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *