Official Site PSS Sleman

PSSLEMAN.ID, SLEMAN – PSS akan tampil dalam final EPA U18 Liga 1-2023/24 di Lapangan Garudayaksa, Bekasi, Rabu (06/03/2024) pagi mendatang. Kesuksesan PSS lolos ke laga final tersebut berkat kemampuan para penggawanya menjaga mentalitas bersaing sejak fase grup. 

Pelatih Kepala PSS, Anang Hadisaputra pun mengakuinya hal tersebut dan menyebutkan para pemainnya sangat kompetitif berlomba-lomba masuk di starting line-up.

“Mereka memiliki semangat tinggi mengisi posisi starting line-up sehingga para pemain menunjukan kemampuan terbaiknya pada saat latihan dan saat menjalani pertandingan,” ungkapnya usai pengarahan bersama tim pelatih di Lapangan Garudayaksa, Bekasi, Senin (04/03/2024) sore.

“Selain itu kami sangat mensyukuri dari aspek mental para pemain memiliki semangat juang tinggi dan pantang menyerah. Hal ini sudah kami lakukan di beberapa pertandingan, kami sempat tertinggal dan hasil akhir kami menjadi pemenang,” timpal Anang Hadisaputra.

Fase Grup
Kiprah awal Ferrel Arda Santoso dan rekan-rekan di EPA U18 musim ini berada di Grup B bersama lima tim lainnya, yakni Arema FC, Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, Persis Solo, dan RANS Nusantara FC. 

Lima pertandingan awal fase grup, Ferrel Arda Santoso dan kolega menorehkan kemenangan beruntun. Memasuki akhir bulan Oktober hingga awal November, terjadi penurunan performa dengan dengan lima kali pertandingan secara beruntun tanpa kemenangan, yakni dua kali imbang dan tiga kali menderita kekalahan.

“Pada saat itu kami tim pelatih bersama tim analis bekerja keras membedah faktor apa saja yang membuat kami terpuruk. Hasil diskusi intens dengan para pemain membuat kami kembali ke jalur kemenangan, yaitu menutup delapan laga dengan lima kemenangan, dua hasil imbang dan satu kekalahan,” tutur Marlinaldi Rahman, Analis Performa PSS Development Center.

Fase Perempat Final dan Semifinal
Lolos ke babak 8 besar, kematangan serta kedewasaan skuat Bianco Verde ini semakin terlihat. Fase ini mereka menjadi pemuncak klasemen akhir Grup X dengan koleksi 11 poin dari enam pertandingan meraih tiga kemenangan, dua kali imbang, dan satu kali kalah. 

“Lolos ke semifinal kami kembali bersua Persis, seteru kuat di fase grup. Partai semifinal yang sangat berat, alhamdulillah kami lalui dengan come back luar biasa. Dua kali tertinggal kami mampu mengembalikkan keadaan. Para pemain kembali menunjukkan tekad kuat dan winner mentality pada laga itu, kami lolos ke final,” ucap Asisten Pelatih, Adityas Budi Santoso. 

(pssleman.id)