PSSLEMAN.ID, KAYEN – Pelatih Fisik PSS U18, Tegar Satya Haprabu, menerangkan bahwa kebugaran para pemainnya sudah siap jelang kick off EPA Mini Tournament, 8-9 April 2021 di Sawangan, Kabupaten Bogor mendatang.

“Persiapan bagus karena kita sudah latihan cukup lama, dan EPA Mini Tournament menjadi tolak ukur saya untuk melihat sebarapa jauh kesiapan pemain bersaing dengan tim-tim selevel. Sebelumnya kita melakukan uji tanding dengan tim Akademi dan SSB,” kata Tegar, Selasa (06/04/2021) di Lapangan Sono Raya Kayen.

Tim PSS U18 dijadwalkan bermain dua kali di hari pertama dan sekali di hari kedua. Berdasarkan waktu kick off para elang muda akan berlaga di tengah terik matahari. Hal itu sempat menimbulkan kekhawatiran dari tim pelatih.

“Untuk bermain di bawah terik matahari yang panas pemain sudah biasa. Yang kita perlukan adalah beradaptasi dengan lapangan sintetis. Alhamdulillah beberapa kali sudah latihan di lapangan sintetis Maguwoharjo Football Park untuk adaptasi pemain,” terang pemuda kelahiran Bandung itu.

Padatnya jadwal pertandingan untuk setiap tim yang bermain di turnamen tersebut sudah diantisipasi oleh Tegar. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penurunan fisik secara drastis dengan memperhatikan asupan gizi pada pemain.

“Kita tim pelatih selalu mengedukasi para pemain bagaimana mereka mempersiapkan diri H-1 pertandingan agar energinya tidak mudah terkuras habis. Cairan yang pasti, jangan sampai kekurangan artinya konsumsi yang cukup air putih apalagi besok pagi kita di perjalanan. Untuk makan harus banyak karbohidrat,” ujarnya.

“Persiapan pemain tentu saja tidak hanya di H-1 dan hari pertandingan. Mereka harus persiapkan segala sesuatu kebutuhan pribadi mereka dan tim melatih mengontrol kesiapan mereka hingga hari H,” urai Tegar memberikan penjelasan.

(pssleman.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *