Official Site PS Sleman

PSSLEMAN.ID, SEYEGAN – PSS Development Center, pada pekan ini kembali mengadakan kegiatan PSS Goes to SSB dalam rangka memperkenalkan Super Elja Method kepada SSB Angkatan Muda Seyegan (AMS) di Lapangan Gendeng, Margodadi, Seyegan.

“Kegiatan hari ini bertujuan mengenalkan Super Elja Method. Apa yang kita lakukan di akademi PSS, apa yang kita latih di akademi PSS sebagai media kami mengantarkan adik-adik SSB ke jenjang sepak bola yang lebih tinggi hingga ke top level,” tutur pelatih Lilik Winarno sebagai pemateri di kegiatan ini.

Pelatih EPA PSS U16 menjelaskan materi yang diberikan kepada adik-adik SSB AMS, yakni latihan mengumpan (passing exercise), dan situasi permainan menyerang.

“Latihan mengumpan (passing exercises), tujuan utamanya memperbaiki kualitas umpan-umpan dengan pemahaman bagaimana mengenal situasi kawan. Kemudian bagaimana menerima bola dengan posisi badan seperti apa sehingga bisa meneruskan passing ke depan dengan nyaman,” tuturnya.

“Hal ini juga berlaku bagi yang mengirim bola agar tahu situasi teman yang di depan seperti apa dan arah bolanya datang kemana sehingga bisa secara gerak tubuh langsung menghadap ke sisi teman paling jauh,” timpalnya.

Pelatih yang telah lama berkecimpung di SSB menjelaskan adanya tiga prinsip serangan, yakni panjang, lebar dan koneksi yang diberikan kepada peserta PSS Goes to SSB.

“Situasi bermain, 4-4 plus 3, yakni cara menyerang dengan menggunakan prinsip-prinsip panjang, lebar dan koneksi. Selalu memperhatikan situasi seberapa ada lawan dekat trus tahu posisi ada teman dimana serta ada situasi apa yang harus mereka kenali,” urainya.

Situasi menyerang tujuannya adalah mencetak gol. Secara realistis bisa mencetak gol ketika bola di depan gawang lawan.

“Jadi kita memperkenalkan kepada adik-adik bagaimana bisa menerima bola dengan nyaman, melihat ada koneksi sehingga bisa mengantarkan bola sampai ke depan. Kita juga memberikan materi mengenai prinsip ruang secara sederhana agar mereka tahu posisi teman yang paling depan untuk menyerang,” tegas pelatih Lilik Winarno.

Memungkasi interview, pelatih Lilik Winarno berharap adik-adik di SSB bisa melakukan pengembangan yang sejalan di akademi sehingga adik adik SSB di Sleman bisa belajar sepak bola lebih baik lagi.

(pssleman.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *