PSSLEMAN.ID – Pemain tengah PSS, Fitra Ridwan, kini memiliki kesibukan lain di tengah rehatnya liga. Ia kini tengah menggeluti hobi baru, yakni akuarium aquascape.

“Jadi belakangan ini pas liganya belum mulai juga, aku lihat akuarium aquscape yang air tawar. Bagus juga nih ada tema-tema hutan, ada air terjunya dan betul-betul hidup di dalam akuarium tersebut,” ungkap Fitra.

Belum sempat merealisasikan keinginan tersebut, pria kelahiran Banda Aceh ini malah tertarik dengan jenis akuarium aquascape lain.

“Menurut aku untuk kelebihan antara air laut dengan air tawar itu lebih pada nuansa lautnya saja, jadi air tawar hanya seperti rumput-rumput biasa. Jadi lebih tertarik ke nuansa laut saja,” ungkapnya.

Ternyata untuk dapat akuarium yang cantik dan sesuai keinginan, Fitra harus meluangkan waktu yang cukup lama. Sebab, tanaman air laut harus adaptasi dengan akuarium dan itu memerlukan waktu sekitar 1 bulan. Setelahnya, barulah proses memasukkan ikan ke dalam akuarium.

Mengenai perawatan aquascape-nya, Fitra Ridwan juga membagi tipsnya dengan melakukan pergantian air satu bulan sekali.

“Ganti air sih bisa satu bukan sekali aja. Tapi jangan ganti semua airnya. Disisakan sekitar 20 persen air sebelumnya,” tambahnya.

Ada berbagai macam jenis ikan yang dikoleksi Fitra di dalam aquascape air lautnya. Di antaranya yakni Nemo, Flamini, Keranjang Bali, Dori, Cicit dan Pantias.

(pssleman.id)

January 30, 2021
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *