Official Site PS Sleman

PSSLEMAN.ID – Kiprah Ivan Wirajaya, pria asal Banyumas bergelut di bidang analisa video bersama PSS dimulai pada tahun 2019, tepatnya yakni saat pertama kali tim kebanggaan Sleman Fans berkompetisi di Liga 1.

Meski kompetisi di tingkat senior sedang vakum, tapi Ivan tetap dipecaya PSS untuk menjalankan tugasnya, yaitu menjadi tim analisis di akademi dan EPA PSS.

“Tugasnya agak sedikit berbeda, di sini saya lebih aktif terlibat di lapangan atau sesi latihan karena semua analyst di PSS Development Center seperti saya, Mas Noval dan Mas Dani adalah asisten pelatih bagi semua head coach,” ungkap Ivan para Senin (08/02/2020) pagi di Lapangan Sono Kayen.

“Kemungkinan musim depan bakal lebih aktif incharge di tim EPA U20 untuk membantu coach Guntur,” timpalnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Ivan dan tim kerap menjalin komunikasi dan pertemuan intens lintas departemen di PSS Development Center. Baginya, sesi diskusi menjadi poin penting untuk tim pelatih mengetahui progres pemainnya.

“Dalam diskusi tersebut membahas minimal dua point, yaitu evaluasi latihan minggu kemarin atau yang sudah dijalani, dan juga membuat sesi latihan untuk seminggu kedepan,” kata Ivan.

“Evaluasi dan design latihan dibuat untuk kebutuhan perkembangan individu pemain seperti yang sudah dijelaskan di buku Super Elja Method,” urainya.

Alumnus UNY ini menjelaskan, diskusi tersebut dilandasi oleh semangat untuk membantu perkembangan individu pemain akademi mencapai potensi maksimalnya. Karena tujuan utama Development Center PSS adalah menyiapkan pemain didikannya agar mampu bersaing di top teratas sepakbola.

“Sebuah prestasi bagi Development Center PSS jika bisa menyalurkan pemain didikannya ke tim PSS senior dan juga tim nasional. Musim Liga 1 2020 saja, ada delapan alumni pemain EPA PSS yang berlaga di tim senior klub Liga 1. Bahkan 5 di antaranya berada di tim PSS,” tutup Ivan.

(pssleman.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *