SLEMAN, PSS-SLEMAN.CO.ID – PSS Sleman menjadi satu-satunya kontestan dari level Divisi Utama yang berlaga di turnamen Bali Island Cup 2016. Tim besutan allenatore Heri Kiswanto akan berhadapan dengan Arema Cronus, Persib Bandung, serta tuan rumah Bali United.

Diatas kertas PSS Sleman sangat kesulitan menghadapi ketiganya mengingat Arema Cronus, juara bertahan Bali Island Cup 2015, Persib Bandung, juara Piala Presiden 2015, dan juara ISL 2014, serta tuan rumah Bali United yang diasuh Indra Sjafrie pelatih yang membawa Timnas U-19 juara Piala AFF tahun 2012. Namun hal tersebut bukan menjadi patokan baku, PSS Sleman pernah menghadapi situasi tersebut dan berhasil memberikan kejutan.

Ketika Divisi Utama menjadi kasta tertinggi sepakbola di Indoenesia tepatnya musim kompetisi 2002/03 dan 2003/04 PSS Sleman menjadi salah satu tim kecil yang banyak menjegal para tim raksasa Indonesia termasuk Persib Bandung dan Arema Malang pada saat itu. Dengan komposisi pemain asing dan lokal pada saat  itu PSS Sleman berhasil menembus empat besar dua musim berturut-turut.

Tentu saja amunisi kekuatan PSS Sleman mengikuti turnamen Bali Island Cup 2016 tidak terpaku pada sejarah tahun tersebut. Ada lima hal lain yang menjadi amunisi tim berjuluk Super Elang Jawa berkiprah di turnamen tersebut:

Fanatisme dan Militansi Suporter
Bermain di kandang lawan tidak menghalangi  supporter PSS Sleman untuk memberikan dukungan tim kesayangannya. Bahkan salah satu kelompok supporter PSS Sleman mengadakan gerakan #UGD (utang, gadai, dan dol) untuk menghimpun dana mengawal tim kebanggaan.  

Mental Bertanding yang Sudah Matang
Para punggawa PSS Sleman dalam kondisi mental yang bagus untuk mengikuti turnamen Bali Island Cup. Anang Hadi sebagai kapten kesebelasan memberikan pernyataan bahwa timnya sangat antusias menghadapi ajang ini.

Kekompakan Tim
Komposisi tim yang berlaga di ajang ini sebagian besar memakai skuat musim 2013/2014 dengan pelatih yang sama yakni, Hery Kiswanto dan Edi Broto sebagai asisten pelatih. Chemistry tim sudah terjalin bagus baik di dalam maupun di luar lapangan hijau.

Pemain Berpengalaman
Punggawa PSS Sleman sudah memiliki pengalaman berhadapan dengan tim-tim besar. Saat ini  mendapat tambahan amunisi pemain  yang sudah tidak diragukan kualitasnya, yakni Deny Rumba, Busari, dan Mahadirga Lasut.

Duet Pelatih Kreatif
Kolaborasi Hery Kiswanto dengan Edi Broto sudah terbukti mampu meracik strategi tim secara cepat. Hal ini terlihat ketika pada pertandingan terakhir, (20/12/2015) mampu menang telak 3-0 mengatasi perlawan Bali United. (mf/pss-sleman.co.id)

 

September 30, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *