Official Site PSS Sleman

PSSLEMAN.ID, SIDOARJO – Bermain pada pekan kedua Grup X  Babak 8 Besar EPA U18 2023/24 penggawa PSS menjalani laga lawatan ke Stadion Jenggolo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, kontra PSM Makassar pada hari Rabu (31/01/2024) siang waktu setempat.

Pertandingan kedua tim tersebut berjalan seru dengan skor imbang 2-2. Dua gol PSS diciptakan melalui Albert Theo Wicaksono 36′, 71′ sementara tim tuan rumah mencetak dua gol masing-masing diciptakan melalui Juan Alberto Kandami 64′ dan Adit Wijaya Putra 77’. 

Jalannya Pertandingan
Tim asuhan Anang Hadisaputra meraih keunggulan pada menit 36’ melalui serangan balik melalui pergerakan cepat Fajar Akhmad Khusen. Pemain tersebut berhasil menusuk ke sisi pertahanan lawan dengan mengirimkan umpan cut back kepada Albert Theo Wicaksono. Kesempatan ini pun mampu dikonversikan menjadi gol sekaligus membawa keunggulan 0-1 untuk PSS dari tuan rumah PSM.

Demi menyamakan kedudukan tim tuan rumah melakukan serangan-serangan variatif yang pada akhirnya berbuah gol penyama kedudukan menit 64’ melalui Juan Alberto Kandami. Melalui tendangan spekulasi, Ia memanfaatkan bola-bola pantulan dari lini belakang PSS. Tendangan kerasnya menghujam tajam masuk ke gawang PSS. Skor pun berubah 1-1.

Situasi imbang melecutkan motivasi para pemain PSS meraih kemenangan. Sekali lagi Albert Theo Wicaksono menjadi protagonis bagi tim PSS dengan menyumbangkan gol keduanya pada menit ke-71. Berawal dari set piece di area belakang lawan, Theo memanfaatkan bola pantulan dari second line dengan tendangan first time yang berhasil membobol gawang PSM. 

Kembali tertinggal, tuan rumah PSM pun meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan PSS. Dalam waktu enam menit, tim Juku Eja Muda ini berhasil menyamakan kedudukan melalui Adit Wijaya Putra. 

Gol bermula dari set piece di area belakang PSM ke arah pertahanan PSS yang coba dihalau penjaga gawang. Kurangnya komunikasi dengan bek, bola menjadi keuntungan bagi lawan yang berakhir gol penyama kedudukan. Skor 2-2 tidak berubah hingga pertandingan usai. 

Anang Hadisaputra menyatakan para pemainnya kehilangan komunikasi yang baik saat usia pertandingan mendekati masa akhir. Ia pun memberikan catatan perbaikan bagi para pemainnya. 

“Komunikasi, konsentrasi, dan fokus pada pertandingan ini menjadi hal utama yang harus segera kami perbaiki di sesi latihan. Para pemain masih belum memperlihatkan secara utuh permainan yang dewasa yang tenang dalam menghadapi tekanan,” ungkapnya di Stadion Jenggolo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (31/01/2024) siang waktu setempat.

Mantan gelandang serang PSS juga memberikan apresiasi kepada para pemainnya yang telah berjuang keras pada pertandingan ini. Menurutnya para pemain menunjukkan kinerja bagus dengan kerja tim yang rapi.

“Terima kasih para pemain telah menunjukkan perjuangan luar biasa di pertandingan ini. Para pemain menunjukkan tanggungjawabnya di dalam lapangan, mereka menjalankan instruksi dengan baik arahan pelatih,” ucap pria penghobi burung kicauan ini.

Hasil imbang yang diraih PSS tentu saja menjadi keuntungan bagi Persija pada saat yang sama sukses mengalahkan Bali United FC dengan skor 3-2. Hasil kemenangan itu membawanya ke puncak klasemen Grup X kemudian disusul PSS di posisi kedua. 

(pssleman.id)